Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SENTIMEN ANALISIS VIDEO ULASAN KOMENTAR, LIKE, SAVE, DAN REPLY TERHADAP MINAT BELI PRODUK COLLAGEN DRINK NOERA BEAUTY

-, SRI MAHARANI SINAGA (2024) PENGARUH SENTIMEN ANALISIS VIDEO ULASAN KOMENTAR, LIKE, SAVE, DAN REPLY TERHADAP MINAT BELI PRODUK COLLAGEN DRINK NOERA BEAUTY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
LAPORAN TA RANI REPOSITORI (1).pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji seberapa berpengaruh analisis sentimen dari video terkait ulasan Komentar, Like, Save, dan Reply terhadap minat beli pelanggan minum Collagen Drink Noera Beauty. Ulasan dan interaksi pengguna di media sosial memiliki peranan penting dalam membentuk persepsi pelangga terhadap suatu produk. Untuk sampel penelitian menggunakan 162 video, 1.800 komentar, 1.215.581 like, 16.338 save, dan 295 reply dari periode Januari 2023 sampai Desember 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa berpengaruh semua sentimen Positive dan Negative dalam video ulasan Komentar, Like, Save, Reply, dan emosi terhadap minat beli konsumen produk Collagen Drink Noera Beauty secara signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis sentimen dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk pengambilan data dan untuk menguji hipotesis dalam memperkuat temuan menggunakan metode analisis Generalized Poisson Regression dan Negative Binomial Regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen emosi Anger, Disgust, dan Reply dalam ulasan video memiliki pengaruh terhadap Like. Tetapi emosi Reply yang memiliki pengaruh Positive terhadap minat beli konsumen dalam menciptakan interaksi dan keterlibatan yang lebih tinggi antara pengguna sehingga memperkuat persepsi Positive terhadap produk. Penelitian ini memberikan wawasan bagi penjual untuk lebih memperhatikan ulasan dan interaksi di media sosial sebagai strategi meningkatkan minat beli terhadap produk Collagen Drink Noera Beauty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSITI MONALISA, -2014028501siti.monalisa@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 21 Jul 2024 04:12
Last Modified: 21 Jul 2024 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82963

Actions (login required)

View Item View Item