Arni Susanti (2014) PENERAPAN METODE THE STUDY GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 TANJUNG BUNGO KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (38kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan penerapan metode the study group di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan metode the study group dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Keputusan Bersama di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode the study group untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata persentase 49,16%, setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 58,33% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup Baik” karna 58,33% berada pada rentang 56%- 75%. Sedangkan pada siklus dua meningkat menjadi 82,50% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Baik” karna 82,50% berada pada rentang 76%-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%, dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui penerapan metode the study group maka aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 17 Sep 2016 05:16 |
Last Modified: | 17 Sep 2016 05:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7400 |
Actions (login required)
View Item |