Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KERIPIK CABE BINTANG DAN KERIPIK CABE MAI SATUN DI KOTA DUMAI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Rani Dein (2015) STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KERIPIK CABE BINTANG DAN KERIPIK CABE MAI SATUN DI KOTA DUMAI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Pada Usaha Keripik Cabe Bintang Dan Keripik Cabe Mai Satun Di Kota Dumai Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah melihat kurangnya perkembangan usaha Keripik Cabe Bintang yang telah berdiri semenjak enam belas tahun yang lalu dan Keripik Cabe Bintang ini merupakan usaha keripik cabe pertama di Kelurahan Purnama, Dumai. Berbeda dengan Keripik Cabe Bintang, Keripik Cabe Mai Satun yang berdiri tiga tahun setelah Keripik Cabe Bintang saat ini mengalami perkembangan yang pesat dan telah dikenal oleh banyak masyrakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran usaha Keripik Cabe Bintang dan Keripik Cabe Mai Satun di Kelurahan Purnama, Dumai, apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung pada pemasaran usaha Keripik Cabe Bintang dan Keripik Cabe Mai Satun di Kelurahan Purnama, Dumai serta bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap strategi pemasaran usaha Keripik Cabe Bintang dan Keripik Cabe Mai Satun di Kelurahan Purnama, Dumai. Penelitian ini dilakukan di tempat usaha Keripik Cabe Bintang dan Keripik Cabe Mai Satun yang beralamat di Jalan Raja Ali Haji, Kelurahan Purnama, Dumai. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Quota Sampling sebanyak 25 orang konsumen, 1 orang pemilik usaha Keripik Cabe Bintang dan 2 karyawannya serta 1 orang pemilik usaha Keripik Cabe Mai Satun dan 2 orang karyawannya. Teknik pengumpulan data melalui studi observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa Strategi pemasaran Keripik Cabe Bintang dan Keripik Cabe Mai Satun di Kelurahan Purnama, Dumai sudah memenuhi unsur-unsur yang digunakan dalam strategi pemasaran, yaitu produk yang memiliki mutu dan kualitas, harga yang terjangkau, promosi secara lisan dan periklanan dan distribusi yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Adapun faktor penghambat usaha Keripik Cabe Bintang yaitu keterbatasan modal, kurangnya gagasan pada produk, mahalnya proses pengembangan produk baru dan pendeknya umur produk, sedangkan faktor penghambat usaha Keripik Cabe Mai Satun yaitu pendeknya umur produk. Selanjutnya faktor pendukung usaha Keripik Cabe Bintang yaitu kemajuan dalam teknologi dan faktor pelayanan, sedangkan faktor pendukung usaha Keripik Cabe Mai Satun yaitu banyak variasi produk, kemajuan dalam teknologi dan faktor pelayanan. Strategi pemasaran usaha Keripik Cabe Bintang dan Keripik Cabe Mai Satun di Kelurahan Purnama, Dumai menurut tinjauan ekonomi islam adalah bertentangan dengan sistem ekonomi islam. Yang mana pada proses pembuatan produknya tidak transparan dan menutup-nutupi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 03 Sep 2016 13:37
Last Modified: 03 Sep 2016 13:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6936

Actions (login required)

View Item View Item