Justralina (2015) STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN HASANAH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH HASANAH PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (120kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Strategi Pemasaran Tabungan Hasanah Pada Bank Pembiyaan Rakyat Syariah Hasanah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam’’ BPRS Hasanah adalah salah satu bank syariah yang menghimpun dana dari masyarakat kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat yang kegiatannya berlandaskan prinsip syariah dan terhindar dari transaksi riba. Dalam peastnya perasaingan perbankan saat sekrang ini BPRS Hasanah tetapa mengalami peningkatan jumlah nasabah. BPRS Hasanah memiliki bermacam- macam produk salah satunya adalah produk Tabungan Hasanah. BPRS Hasanah tidak terlepas dari strategi pemasaran, karena strategi pemasaran sangat penting dan akan mempengaruhi perkembangan jumlah nasabah dari tahun ketahunnya. Dalam pemasaran produknya tentu saja perbankan memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Oleh sebab itu BPRS Hasanah sangat berhati-hati dalam memasarkan produknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran tabungan Hasanah pada BPRS Hasanah dalam meningkatkan jumlah nasabahnya, apa faktor pendukung dan penghambat dalam pemasaran produk tabungan Hasanah, serta bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap pemasaran produk tabungan Hasanah Pekanbaru.Penelitian ini bersifat lapangan yang berlokasi pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru Jl. HR. Soebrantas No.87-Panam-Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 7 orang yang terdiri dari 1 orang pimpinan 2 orang ADM Pembiayaan, 2 orang Account Officer, 1 orang Personalia, 1 orang Costomer Service. Karena populasi sedikit, jadi sampelnya diambil semua populasi. Metode pengambilan sampel menggunkan total sampling. Hasil penelitian ini adalah bahwa BPRS Hasanah telah melakukan strategi pemasaran dengan menggunakan Marketinmg mix yang terdiri dari Poduk ( product), harga ( price), tempat (place) dan promosi (promotion). Dan juga BPRS Hasanah memiliki keunggulan dalam bertransaksi yaitu dengan menggunakan transaksi Jemput Bola (pick up sevice) yang mana biaya transaksinya tidak dibebankan kepada nasabah . Dengan menggunakan strategi pemasaran markting mix, dan memiliki keunggulan dalam bertransaksi BPRS Hasanah mengalami peningkatan, terlihat dari bertambahnya jumlah nasabah tabungan Hasanah dari tahun ketahunnya,jumlah nasabah tabungan Hasanah pada BPRS Hasanah dari 4 tahun terkahir tahun 2011 hingga 2014 adalah 1170 orang nasabah dengan peningkatan sebesar 43.65 %.Adapun Faktor pendukungnya dalam pemasaran tabungan Hasanah adalah pelayanan prima kepada nasabah, lokasi yang mudah terjangkau, tingkat kesadaran masyarakat dan semua karyawan bersedia melakukan funding namun tetap memprioritaskan tugas utama. Faktor penghambatnya adalah faktor teknologi seperti belum memiliki mesn ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan juga ketatnya persaingan dengan bank-bank lain. Dan menurut tinjauan hukum Islam BPRS Hasanah dalam memasarkan produknya tidak ada yang bertentang dengan hukum Islam, yaitu dari segi produk, harga, tempat dan promosi dimana tidak ada saling menzalimi, pemaksaan, penipuan, saling menjatuhkan, gharar dan unsur riba.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 14:37 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 14:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6864 |
Actions (login required)
View Item |