Pony Rahayu (2015) SISTEM KOORDINASI KOPERASI KAMPAR MITRA MANDIRI (KKMM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA NASABAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I Pendahuluan.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Gambaran Umum Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM).pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Tinjauan Teoritis Tentang Koordinasi dan Pelayanan.pdf Download (73kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian dan pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
|
Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Sistem Koordinasi Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM) Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Menurut Perspektif Ekonomi Islam.” Koperasi ini merupakan organisasi uang bertujuan membantu golongan pengusaha kecil dan menengah ke bawah dalam hal permodalan kerja. Sasarannya adalah pedagang pasar, pengrajin, petani atau nelayan, pedagang kecil, pengusaha industri kecil dan perorangan yang membutuhkan modal untuk beragam keperluan usaha yang produktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem koordinasi Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM) dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah, bagaimana bentuk pelayanan Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM) kepada nasabah, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap sistem koordinasi Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM) dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan, karyawan dan nasabah Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM) sedangkan yang menjadi objeknya adalah pelaksanaan sistem koordinasi di Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM) dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 78 orang yaitu pimpinan dan karyawan berjumlah 5 orang serta nasabah yang berjumlah 73 orang. Selanjutnya seluruh populasi dijadikan sampel penelitian atau total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengamati langsung di lapangan, wawancara dengan pimpinan dan karyawan serta menyebarkan angket kepada nasabah Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM). Dari hasil penelitian yang dilakukan, bahwa sistem koordinasi Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM) dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah menerapkan pelayanan berdasarkan standar operasional prosedur yang ada sebagai bentuk pelayanan yang diberikan. Penerapan pelayanan terdiri dari menjelaskan proses adminitrasi kepada nasabah, melayani nasabah dengan ramah dana sabar, memberikan keamanan dan nasabah dengan cepat dan tanggap, serta disiplin dalam memberikan pelayanan. Koperasi Kampar Mitra Mandiri (KKMM) ini belum berbasis syariah akan tetapi pelayanan yang diberikan sudah sejalan dengan prinsip ekonomi Islam yaitu persaudaraan dan tolong-menolong. Pelayanan yang diberikan dalam bentuk kesabaran, keramahan, keamanan dan kenyamanan, ketekunan, tanggung jawab, serta kediplinan. Sehingga para nasabah merasa nyaman dengan dengan pelayanan yang diberikan, meskipun dalam praktiknya masih ada beberapa pelayanan yang tidak dijalankan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada.kenyamanan bagi nasabah, melayani
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 07:17 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6814 |
Actions (login required)
View Item |