Maryulis (2014) PENGARUH AKTIFITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATAH TERATAK PADANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (40kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh aktifitas Belajar siswa terhadap prestasi pelajaran Sejarah Kebudyaan Islam. Pendidikan merupakan usaha manusia untuk membina kepribadiannya dengan nilai-nilai dalam masyarakat dan kebudayaan. Dalam perkembangannya, istilah pendidikan atau pedagogie berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa agar anak menjadi dewasa. Pendidikan merupakan proses yang menimbulkan pembaharuan dan perubahan dalam tingkah laku dan kecakapan. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan formula statistic “korelasi serial”. Adapun sobjek penelitian ini adalah siswa MTs Al-fatah Desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara. Dan objeknya adalah ada dua variable yang akan diungkap dalam penelitian ini, yaitu: variable kemampuan ingatan siswa, dan variable prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam. Proses belajar mengajar merupakan proses yang kompleks. Banyak faktor yang harus diperhatikan agar proses belaja rmendapatkan hasil yang baik. Faktor tersebut bias berasal dari dalam diri Siswa intern dan berasal dari luar diri Siswa ektern. Aktifitas belajar merupakan salah satu persyaratan utama dalam proses belajar mengajar. Apabila tidak ada atau kurangnya aktifitas belajar, maka akan sulit untuk menentukan prestasi. Di samping itu hasil belajar siswa juga tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian semakin tinggi aktifitas belajar seseorang dalam proses pembelajaran maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperoleh, demikian pula sebaliknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-fatah Kabupaten Kampar? Selanjudnya untuk memperoleh data digunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari angket akan dianalisis dengan menggunakan rumus“ korelasi serial”. Hasilnya sebagai berikut: Dari korelasi aktifitas belajar dan prestasi belajar siswa “r”= 0,45 lebih besar dari “rtabel”pada taraf signifikan 1%=0,449 dan 5%=0,349 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya aktifitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil pengujian hipotesa ini semakin mempertegas bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh multivariabel, salah satu nya adalah aktifitas belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 02:59 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6775 |
Actions (login required)
View Item |