Desy Anggriani (2015) PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK PT. XL AXIATA PASCAAKUISISI PT. AXIS TELEKOM SELULER TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (67kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Peneliatian ini berjudul : “PengaruhDiversifikasi Produk PT. XL Axiata Pasca Akuisisi PT. Axis Telekom Seluler Terhadap Peningkatan Pendapatan Menurut Perspektif Ekonomi Islam” Penulisan ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis terhadap PT.XL Axiata yang telah mengakuisisi Axis Telekom Seluler yang didalamnya melakukan diversifikasi produk. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah tentang bagaimana diversifikasi produk yang dilakukan XL Axiata pasca akuisisi PT Axis Telekom Seluler dalam menguasai pangsa pasar, apakah ada perbedaan Pendapatan PT. XL Axiata setelah dan sebelum diversifikasi produk, dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhaap diversifikasi prouk yang dilakukan PT. XL Axiata pasca akuisisi dengan PT. Axis Telekom Seluler. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan PT. XL Axiata Cabang Pekanbaru dan objek penilitian adalah diversifikasi produk yang dilakukan oleh PT. XL Axiata pasca akuisisi PT. Axis Telekom Seluler.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, serta menjelaskan dan menguraikan fakta-fakta yang dijumpai dilapangan dan dikaitkan dengan teori-teori yang berhubungan dengan diversifikasi produk. Dengan menggunakan Uji t untuk mengetahui adakah perbedaan pendapatan PT. XL Axiata sebelum diversifikasi produk dengan sesudah diversifikasi produk secara signifikan. Hasil dari penelitian menunjukkan diversifikasi produk yang dilakukan berupa paket Iritology dan hotrod, meningkatkan kualitas produksi seperti kartu perdana dan layanan, memperluas segmentasi pasar, menjadi penetrasi pasar, melakukan peningkatan kuota/jaringan,dan memperkuat promosi. Terdapat perbedaan pendapatan PT. XL Axiata setelah melakukan diversifikasi produk. Dengan nilai t hitung adalah sebesar -3,435 dengan sig 0,006. Dengan mendasarkan pada nilai probabilitas (sig < 0,05), dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, sedangkan Ha diterima artinya Ada perbedaan antara pendapatan PT. XL Axiata sebelum diversifikasi produk dengan sesudah diversifikasi produk. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa pendapatan yang diperoleh PT. XL Axiata setelah melakukan diversifikasi produk mengalami peningkatan. Dalam pandangan Ekonomi Islam strategi yang dilakukan dalam diversifikasi produk sudah sesuai dengan ekonomi islam. Dimana dapat dilihat dari segi produk, harga, pangsa pasar, dan promosi yang dilakukan XL Axiata tidak bertentangan dengan aspek-aspek syari’ah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 18:40 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 18:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6722 |
Actions (login required)
View Item |