Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN iB DHUHA BANK RIAU KEPRISYARIAHCABANG PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH

Yolanda Ahmad (2015) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN iB DHUHA BANK RIAU KEPRISYARIAHCABANG PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Perbankan syariah merupakan salah satu jenis perbankan yang kegiatannya didasarkan pada prinsip syariah, yang terbebas dari riba. PT. Bank Riau Kepri Syariah merupakan salah satu bank yang bergerak dibidang perbankan syariah, yang mengalami perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun dalam memasarkan produk tabungan iB Dhuha. Strategi pemasaran yang tepat dan terarah merupakan kunci sukses pemasaran suatu produk. Akan tetapi, dalam perkembangannya terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat, terutama dalam pemasarannya. Sehingga diperlukan strategi yang tepat, agar perbankan syariah dapat diterima oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru, Jalan Jend. Sudirman No. 628 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk tabungan iB Dhuha Bank Riau Kepri Syariah Pekanbaru dalam meningkatkan jumlah nasabah, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap strategi pemasaran produk tabungan iBDhuha Bank Riau Kepri Syariah Pekanbaru dalam meningkatkan jumlah nasabah serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran produk tabungan iB Dhuha dalam meningkatkan jumlah nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah terdiri dari 9 orang yaitu 1 orang dibidang Pinsi Pembiayaan, 1 orang dibidang Pinsi Pelayanan, 1 orang dibidang Pinsi Operasional, 1 orang dibidang Custumer Service, 1 orang dibidang bagian pelaporan, 1 orang dibidang Teller, 2 orang dibidang bagian umum dan 1 orang dibidang pemasaran. Karena populasi sedikit, jadi sampelnya diambil semua populasi. Metode pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Hasil penelitian ini adalah bahwa PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru telah melaksanakan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix yang meliputi place, price, product, dan promotion. Faktor pendukung dalam PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru dalam pemasaran produk adalah mayoritas penduduk Riau dan Kepri beragama Islam, pelayanan prima terhadap nasabah, lokasi yang mudah dijangkau, tingkat kesadaran masyarakat muslim dan adanya system online. Faktor penghambat yang dihadapi PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru dalam pemasaran produk adalah kurangnya sumber daya manusia pemasaran yang kompeten, ketetapan sistem pada pusat yang sangat ketat, dan adanya produk pesaing. Dalam pandangan Ekonomi Islam, strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru dalam marketing mix tidak bertentangan dengan ekonomi Islam, adanya menghindari perbuatan penipuan, mengingkari janji, menghindari iklan dan publikasi yang menghalalkan segala cara. Dimana Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru ini meningkatkan nasabah setiap tahunnya tanpa ada unsur riba dan gharar. Serta dari segi pemasaran produk tabungan iB Dhuha pada Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pekanbaru sudah sesuai dengan asumsi dalam rangka memaksimumkan kepuasan ekonomi dan pemenuhan baik bagi perusahaan sebagai produsen maupun bagi nasabah sebagai konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:19
Last Modified: 30 Aug 2016 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6576

Actions (login required)

View Item View Item