Indah Riana Arista (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (32kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah Pekanbaru. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi dikelas X, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah implementasi kurikulum terpadu pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul,data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah Pekanbarusebagai berikut: berdasarkan hasil telaah RPP guru ekonomi kelas X dikategorikan “sangat baik” dengan persentase 83, 33%. Observasi terhadap pelaksanaan kurikulum terpadu pada mata pelajaran ekonomi di kelas dikategorikan “baik” dengan persentase 65%. Angket terhadap siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pekanbaru dikategorikan “sangat baik” dengan persentase 84, 02%. Wawancara dengan siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pekanbaru tentang implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi dikategorikan “sangat baik” dengan persentase 91, 05% dan wawancara dengan guru ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah Pekanbaru bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar sudah terlaksana dengan baik dengan demikian rata-rata keseluruhan hasil pengumpulan data mencapai 80, 85% sehingga secara umum implementasi kurikulum terpadu yang memuat nilai-nilai religius/agama sudah dikategorikan sangat baik. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah Pekanbaru adalah faktor pendukung a. pengetahuan dan pemahaman, b. kurikulum yang berlaku, c. sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat a. waktu, b.keadaan siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 20:59 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 20:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6006 |
Actions (login required)
View Item |