Abib Mustofa (2014) PENGARUH MENGULANG PELAJARAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 6 KERINCI KANAN KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (38kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan, karena tanpa belajar tidak akan pernah ada yang namanya pendidikan. Belajar merupakan unsur yang sangat fundamental bagi manusia, khususnya bagi siswa. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam melaksanakan kegiatan belajar. Salah satu unsur terpenting dalam belajar adalah mengulang pelajaran. Dengan mengulang pelajaran diharapkan akan muncul respon positif dari siswa dan siswa tersebut dapat menyimpan pelajaran yang diulang ke dalam memori jangka panjang. Dengan demikian siswa diharapkan mampu memahami pelajaran dengan maksimal sehingga siswa tersebut dapat berprestasi dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh mengulang pelajaran siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 6 Kerinci Kanan Kabupaten Siak dan apa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Untuk menentukan jawaban dari rumusan masalah di atas penulis menggunakan observasi, angket dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Data dari observasi dan angket dianalisa dengan menggunakan rumus PPM (untuk mencari nilai “r”), kp, thitung dan ttabel. Berdasarkan dari data yang penulis kumpulkan dilapangan serta dilengkapi dengan analisis data, pengaruh mengulang pelajaran siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 6 Kerinci Kanan Kabupaten Siak dikategorikan “KUAT” dengan nilai r 0.72. sedangkan kontribusi variabel X terhadap Variabel Y adalah 51,84%. adapun hipotesis dari penelitian ini berdasarkan hasil thitung dan ttabel adalah : thitung lebih besar dari ttabel atau 4,42 > 2,101. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada hubungan yang signifikan antara mengulang pelajaran siswa dengan prestasi belajar di SMPN 6 Kerinci Kanan Kabupaten Siak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 17:49 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 17:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5950 |
Actions (login required)
View Item |