Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU

Legini (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL)pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru dan faktorfaktor yang mempengaruhinya. Rumusan penelitian ini adalah1) Bagaimana penerapan model pembelajaranProblem Base Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru? dan2) Apakah faktor yang mempengaruhi Guru dalam menerapkan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran pembelajaran problem Base Learning (PBL) pada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan análisis deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru tergolong dalam kategori “baik” dengan persentase keseluruhan mencapai 80.86%. Faktor-faktor yang mempengaruhi Guru dalam menerapkan model pembelajaran tersebut adalah faktor Guru, tujuan, peserta didik, waktu, fasilitas, bahan dan alat evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 13:30
Last Modified: 30 Jul 2016 13:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item