Nurlaila (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI PENERAPAN MODEL CONNECTED DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (45kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi tumbuhan hijau melalui penerapan pembelajaran Model Connected di Kelas V SD Negeri 001 Bangkinang Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 001 Bangkinang, dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah penerapan pembelajaran model Connected dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dan 2, siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan yaitu pertemuan 1 dan pertemuan 2, sedangkan Siklus 2 ada dua kali pertemuan yaitu pertemuan ke 3 dan pertemuan ke 4. Pada siklus 1 rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa mencapai 68,25%. Siswa yang mencapai KKM 70 pada siklus 1 ada 13 orang atau (65%) sedangkan siswa yang belum mencapai KKM 70 ada 7 orang atau (35%). Pada siklus 2 terjadi peningkatan siswa yang mencapai KKM 70 ada 15 orang atau (75%), sisanya 5 orang (25%) belum mencapai KKM 70. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penerapan Pembelajaran Model Connected Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Tumbuhan Hijau di kelas V SD Negeri 001 Bangkinang Kabupaten Kampar “diterima” artinya apabila diterapkan Model Connected secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 12:53 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 12:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5924 |
Actions (login required)
View Item |