Elizabeth Sinaga (2014) PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (61kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan positif antara dukungan sosial keluarga dan pendapatan ekonomi keluarga dengan motivasi belajar pada siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Kansai Pekanbaru Jurusan Informatika yang berjumlah 153 orang siswa-siswi. Skala yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar disusun berdasarkan indikator indikator motivasi belajar yang diungkapkan oleh Mc.Donald. Skala dukungan sosial keluarga mengacu pada aspek dukungan sosial dari House. Metode analisis data menggunakan teknik regresi dummy. Uji anova sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka variabel pendapatan ekonomi keluarga dan dukungan sosial keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Korelasi dukungan sosial keluarga 0,429, dan besarnya signifikansin 0,000. Artinya pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar siswa signifikan atau ada pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar. Selanjutnya korelasi pendapatan ekonomi keluarga adalah -0,181, dan besarnya signifikansinya 0,027. Artinya pengaruh pendapatan ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa signifikan atau ada pengaruh pendapatan ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Industri dan Organisasi |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 05:50 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 05:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5884 |
Actions (login required)
View Item |