Siti Musrifah (2014) UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDI KASUS DI SDN 007 RANAI NATUNA). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (39kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Kepala Sekolah mempunyai peranan penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Peningkatan kinerja guru terletak pada kemampuan kepala sekolah dalam menggunakan strategi yang tepat untuk konteks lingkungan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari strategi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah yang dipimpinnya. Agar lebih terfokus, studi dilakukan di SDN 007 Ranai. SDN 007 Ranai dijadikan latar penelitian, karena sejauh ini SDN 007 ini sudah menunjukkan peningkatan kinerja guru lantaran strategi dari kepala sekolahnya. Metode yang digunakan untuk memperoleh data-data penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para informan yang dianggap mampu memberikan informasi yang berkontribusi memberikan jawaban terhadap pertanyaan penelitian. Atau dalam bahasa penelitiannya, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan para informan yang akan diwawancara. Untuk memperivikasi data-data tersebut peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru di SDN 007 Ranai kepala sekolah melakukan strategi-strategi sebagai berikut: (1) Mengadakan dan mengikutsertakan guru dalam forum ilmiah (pendidikan dan pelatihan [up grading dan in service training], workshop dan Seminar). (2) Mendorong dan memfasilitasi guru untuk studi lanjut, (3) Revitalisasi terhadap Kelompok Kerja Guru (KKG), dan (4) Penyediaan Fasilitas Penunjang. Sedangkan untuk pengendalian terhadap kinerja tersebut, kepala sekolah menggunakan strategi: (1) memasang kamera CCTV di tiap-tiap kelas, (2) memberikan Reward dan Punishment, (3) penilaian DP3 oleh Rekan Sejawat. Semua strategi ini mendapat respons positif oleh para guru di SDN 007 Ranai karena akan memberikan dampak positif buat diri mereka, sekolah dan dunia pendidikan pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 02:04 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5739 |
Actions (login required)
View Item |