Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL MEMORISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 001 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR

Yuli Resty Amalia (2014) PENERAPAN MODEL MEMORISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 001 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Permasalahan yang peneliti kaji dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah penerapan model memorisasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V.A SDN 001 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model memorisasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V.A SDN 001 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN 001Bangkinang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model memorisasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dilakukan dalam 2 pertemuan dan siklus II dilakukan dalam 2 pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik analisis data untuk aktivitas guru dan siswa diperoleh dari pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dengan melihat kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan tindakan dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil ulangan pada setiap pertemuan setelah pelaksanaan tindakan dengan menggunakan rumus hasil belajar individu dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebelum tindakan ketuntasan klasikal siswa 45% dengan rata-rata 68,15. Setelah dilaksanakan tindakan, pada siklus I hasil ulangan siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal siswa pada akhir siklus I sebesar 70% dengan rata-rata hasil belajar siswa 76,15. Pada akhir siklus II hasil ulangan siswa juga mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus II sebesar 85% dengan rata-rata hasil belajar siswa 82,25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model memorisasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V.A SDN 001 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:19
Last Modified: 13 Jun 2016 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item