Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KARTU BRIZZI OLEH PT.BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR WILAYAH PEKANBARU

Dina Nurul Syafira (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KARTU BRIZZI OLEH PT.BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR WILAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran menggeser peran uang tunai sebagai alat pembayaran ke bentuk pembayaran non tunai yang lebih efisien dan ekonomis. Pada saat ini, alat/instrumen pembayaran non tunai yang paling banyak diminati adalah uang elektronik (electronic money/e-money). Bank Rakyat Indonesia (BRI) turut menerbitkan e-money yang bernama kartu Brizzi sebagai kartu prabayar multifungsi. Untuk memperkenalkan kartu Brizzi kepada masyarakat, BRI menggunakan strategi komunikasi pemasaran melalui kegiatan promosi penjualan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran kartu Brizzi melalui kegiatan promosi penjualan oleh Bank Rakyat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi sebagai bahan perlengkapan. Penelitian ini dilakukan di Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Pekanbaru. Yang menjadi subjek penelitian adalah staff divisi Retail Program Consumer Banking yang berjumlah 3 orang, dan objek penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Pemasaran Kartu Brizzi Oleh PT.Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Pekanbaru. Strategi komunikasi pemasaran kartu Brizzi melalui kegiatan promosi penjualan yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Pekanbaru melewati 6 tahapan, yakni menentukan tujuan promosi penjualan, menyeleksi alat-alat promosi penjualan, menyusun program promosi penjualan, melaksanakan pengujian pendahuluan atas program, melaksanakan dan mengendalikan program, serta mengevaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Pekanbaru belum dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh berbagai kendala yang ada, seperti sulitnya mengubah mindset masyarakat yang masih cenderung menggunakan uang tunai, persaingan ketat dengan produk e-money bank lain, kurangnya dukungan dari merchant, dan masih adanya gangguan jaringan. Selain itu kegiatan promosi penjualan harusnya dijalankan selaras dengan periklanan, namun BRI belum menggunakan media periklanan secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 May 2016 07:08
Last Modified: 14 May 2016 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4883

Actions (login required)

View Item View Item