Raudho Hayatunupus (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK MENOMORI ORANG BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sains materi sumber daya alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Langgini Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Menomori Orang Bersama. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Menomori Orang Bersama dapat meningkatkan hasil belajar Sains materi sumber daya alam pada siswa kelas V SDN 012 Langgini. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 semester genap dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, yang terdiri 19 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Menomori Orang Bersama untuk meningkatkan hasil belajar Sains. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi dan tes. Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Menomori Orang Bersama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 89,29% siswa yang tuntas. Sedangkan 10,71% belum tuntas, artinya hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sebesar 75%, adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan dalam penelitian ini adalah 65.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 May 2016 00:44 |
Last Modified: | 11 May 2016 00:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4676 |
Actions (login required)
View Item |