Amelia Asriani (2014) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU EKONOMI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kemampuan komunikasi guru ekonomi (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh kemampuan komunikasi guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu pengetahuan social di sekolah menengah atas muhammadiyah pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Pekanbaru , sedangkan objeknya adalah kemampuan komunikasi guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa, karena jumlah populasi lebih dari 100,maka penulis mengambil sampel sebanyak 55 siswa dengan menggunakan rumus solvin. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistica Program Society Science) versi 19.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara, kemampuan komunikasi guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu pengetahuan social di sekolah menengah atas muhammadiyah pekanbaru adalah 0.766 X 100% = 76,6% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 23,4%. Di mana ro (observasi) = 0,766 lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,273 < 766> 0,354, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:43 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4654 |
Actions (login required)
View Item |