Juresmi (2014) PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (39kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar melalui strategi learning starts with a question. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahhuan Alam, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahhuan Alam siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar melalui strategi learning starts with a question. Penelitian ini merupakan Penelitain Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong “rendah” dengan persentase 46,2%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan persentase 73,1% dengan kriteria ”tinggi”. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan persentase 92,3% dengan kategori “sangat tinggi”, hal ini membuktikan bahwa dengan strategi learning starts with a question dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Ilmu Pengetahhuan Alam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:15 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4640 |
Actions (login required)
View Item |