Ad. Dayyan Nursyah (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 2 BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 2 Bangkinang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 2 Bangkinang”. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi inkuiri dan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Bangkinang tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 3, di mana kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi inkuiri dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dimana nilai thitung adalah 0,74 dan nilai ttabel= 2,00 untuk taraf signifikan 5% dan ttabel = 2,65 untuk taraf signifikan 1% . Berdasarkan hasil analisis uji t diatas dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 2 Bangkinang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 May 2016 17:04 |
Last Modified: | 07 May 2016 17:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4480 |
Actions (login required)
View Item |