Suhardi (2014) PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Pemimpin merupakan orang yang memegang peran penting dalam sebuah instansi atau organisasi. Setiap orang menghendaki memiliki pemimpin yang baik, yang dihormati serta senantiasa memperhatikan nasib pegawai atau bawahannya. Keberlangsungan sebuah instansi sangat tergantung pada pemimpinnya. Seorang pemimpin harus mampu menggerakkan potensi bawahannya, agar terbentuk bawahan yang patuh, serta memiliki loyalitas yang tinggi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Pemimpin dalam Meningkatkan Loyalitas Pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau. Serta faktor apa yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemimpin dalam meningkatkan loyalitas pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pemimpin yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau. Sedangkan objek penelitian ini adalah peran pemimpin dalam meningkatkan loyalitas pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau. Populasi dalam penelitisn ini adalah 35 orang pemimpin (pejabat) yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 35 pemimpin (pejabat) di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan angket yang disebarkan kepada responden, serta dokumentasi yang diperoleh dari dokumen Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau. Sedangkan dalam menganalisis data yang telah diperoleh, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif persentase dengan menggunakan rumus P = F/N X 100%. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa peran pemimpin dalam meningkatkan loyalitas pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau termasuk dalam kategori “berperan”, yang memiliki hasil 85.85%, yang terletak diantara kategori 76% - 100%. Adapun faktor yang mempengaruhi peran pemimpin dalam meningkatkan loyalitas pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau terdiri dari dua faktor, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu: terjalinnya komunikasi yang lancar atara pemimpin dan bawahan, adanya ketanggapan pemimpin dalam mengatasi masalah atau konflik yang terjadi di kantor, pemimpin selalu mengajak pegawai untuk sharing mengenai masalah kantor, pemimpin memberikan ruang kepada bawahan untuk memberikan masukan demi kemajuan kantor, serta terjalinnya kerjasama antara pemimpin dengan pemimpin lainnya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pemberian penghargaan (apresiasi) oleh pemimpin kepada pegawai atas pekerjaannya, kurangnya kesadaran pegawai untuk mantaati peraturan yang ada, serta kurangnya pemberian sanksi oleh pemimpin kepada pegawai yang tidak berada di ruangan disaat jam kerja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 22 Apr 2016 02:46 |
Last Modified: | 22 Apr 2016 02:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3487 |
Actions (login required)
View Item |