Mardha Tillah (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran IMPROVE di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dilihat dari banyaknya siswa yang tidak tuntas dari KKM yang telah ditentukan yaitu 67. Hal ini terbukti dari 22 orang siswa hanya 12 orang saja yang tuntas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar yang berjumlah 22 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran IMPROVE untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum dilakukan tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 12 siswa atau 54,54%, sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 10 siswa atau 45,45%. Pada siklus I siswa yang tuntas secara keseluruhan meningkat menjadi 16 siswa atau 72,72%, sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 6 siswa atau 27,28%. Dan pada siklus II siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 19 siswa atau 86,36%, sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 3 siswa atau 13,64%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran IMPROVE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 08:23 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 08:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3128 |
Actions (login required)
View Item |