Fatmawati (2017) Pengaruh Keterampilan Berkomunikasi Guru dan Penggunaan Multimedia Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMAN Se-Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017175PAI-S2COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. 2017175PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (48kB) |
|
Text
3. 2017175PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text
4. 2017175PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (34kB) |
|
Text
5. 2017175PAI-S2DAFTAR IS1.pdf Download (12kB) |
|
Text
6. 2017175PAI-S2BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text
7. 2017175PAI-S2BAB II.pdf Download (651kB) |
|
Text
8. 2017175PAI-S2BAB III.pdf Download (321kB) |
|
Text
9. 2017175PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
|
Text
10. 2017175PAI-S2BAB V.pdf Download (258kB) |
|
Text
11. 2017175PAI-S2DAFTAR PUSTAKAAN.pdf Download (267kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan rendahnya restasi belajar siswa SMAN se-Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Padahal guru memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik dan menggunakan multimedia dalam pembelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apakah terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan berkomunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam; (2 ) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia terhadap terhadap prestasi belajar siswa; dan (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan berkomunikasi guru dan penggunaan multimedia secara bersama-sama terhadap terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMAN Se-Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu?. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu peneliti langsung datang kelapangan untuk mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 1422 siswa dan sampel ditentukan sebesar 10%, dengan berjumlah 142 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling, yaitu penentuan sample secara acak berdasarkan kelas. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi berganda. Untuk menganalisis data menggunakan bantuan program SPSS for Windows Release 20.0. Hasil penelitian ini adalah: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan berkomunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Negeri se-Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini didasarkan hasil korelasi nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Se-Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, sebab nilai Sig. (2-tailed ) 0.000 < 0.05; dan (3)Terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan berkomunikasi guru dan penggunaan multimedia secara bersamabersama terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Se-Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, sebab dari Uji F ANOVA menunjukkan nilai F adalah 48.283 sedangkan besar signifikannya adalah 0,000. signifikan ANOVA 0,000 < 0,05. Persamaan garis regresinya adalah Y = 32.762 + 0,444 (X1 ) + 0,443 (X2 ), maka jika Keterampilan Berkomunikasi Guru dan Penggunaan Multimedia nilainya ditingkatkan 1%, maka Prestasi Belajar Siswa nilainya akan meningkat 32.762. Sumbangan Keterampilan Berkomunikasi Guru dan Penggunaan Multimedia terhadap Prestasi Belajar Siswa sebesar 41,0% yang dapat dikategorikan Cukup Kuat. Sedangkan sisanya sebesar 59,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 03:45 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 03:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25983 |
Actions (login required)
View Item |