Riza Alvista (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest dan posttes, yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di SekolahMenengah Atas Negeri 1 Kampar yang masih banyak dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk melihatpengaruh penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition(CIRC) melalui pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui besarnya pengaruh model tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI MIA Sekolah Menengah Atas Negeri 1Kampar.Penelitian ini melibatkan kelas XI MIA3 (eksperimen) dan kelas XI MIA1(kontrol). Untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dapat dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu larutan penyangga,pretest dan posttest sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dianalisis dengan menggunakan uji bartlet dan data akhir dianalisisdengan menggunakan t-test. Hasilpengolahan data akhir diperoleh nilai t hitung = 3,6 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and compositionmelalui pendekatan scientific terhadap hasil belajar dengan koefisien pengaruh sebesar 17,7%. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Pendekatan Scientific, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 08:33 |
Last Modified: | 09 Feb 2016 08:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2442 |
Actions (login required)
View Item |