Hisrotul Jannah (2016) POLA USLUB-USLUB QASHAR DENGAN THARIQOH INNAMAA DALAM AL-QUR’AN AL-KARIM DAN METODE PEMBELAJARANNYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an adalah petunjuk otentik yang diberikan Sang Pencipta untuk kemashlahatan ciptaanNya (baca: manusia). Ia diturunkan dengan berbahasa Arab dan memiliki uslub-uslub yang mengandung mukjizat dan susunan kata yang indah melebihi uslub-uslub Bahasa Arab yang ada dewasa ini. Untuk memahami Al-Qur’an dibutuhkan penguasaan ilmu-ilmu bahasa Arab khususnya ilmu Balaghah, dan diantaranya uslub-uslub Qashar. Olehsebabitu, penelititertarik melakukan penelitian denganjudul “PolaUslub-UslubQashar dengan Thariqah Innamaadalam Al-Qur’an Al-Karim dan Metode Pembelajarannya”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja jenis-jenis dan tujuan penggunaan uslub-uslub qashar dengan thariqoh Innamaa dalam Al Qur’an, serta apa metode yang tepat untuk mengajarkannya. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis dan tujuan uslub-uslub Qashar dengan thariqoh Innamaa dalam Al-Qur’an dari aspek balaghah dan metode yang tepat untuk mengajarkannya. Adapun objek penelitian ini adalah uslub-uslub Qashar dengan thariqoh Innamaa dalam Al-Qur’an, khusus yang menggunakan jumlah ismiyyah yang berjumlah 62 ayat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data, terdiri dari sumber primer dan sumber skunder yang berhubungan dengan objek penelitian. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan bahsun maktabiyyun, dengan metode observasi serta membaca buku-buku yang berkaitan dengan judul. Sedangkan metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi kitab (Content Analisis) dengan menggunakan tabel. Setelah peneliti melaksanakan penelitian terhadap Al-Qur’an dan buku metodologi pengajaran bahasa Arab, maka diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Ayat-ayat yang mengandung uslub qashar dengan thariqah innamaa dalam bentuk jumlah ismiyyah berjumlah 62 ayat. Dari 62 ayat tersebut maka terbagi menjadi: - Berdasarkan thorfain : qashar shifah ‘ala maushuf terdapat di 8 ayat, dan qashar maushuf ‘ala shifah terdapat di 54 ayat - Bardasarkan al-waaqi’: qashar hakiki terdapat di 56 ayat, dan qashar idhafi terdapat di 6 ayat. - Berdasarkan halil mukhatab: qashar qalb terdapat di 5 ayat, dan qashar ta’yiin terdapat di 1 ayat. 2. Adapunaghrod qashar yaitu ifadah mukhatab an itsbaat takhsis (mengkhususkan). 3. Metode pengajaran uslub qashar dengan thariqah innamaa yang sesuai adalah metode Al-Isitqroiyyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 Feb 2016 08:15 |
Last Modified: | 04 Feb 2016 08:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2395 |
Actions (login required)
View Item |