Alfajri (2016) PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 SALO DESA SALO TIMUR KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui Penerapan Metode Jarimatika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Salo Desa Salo Timur Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Rumusan masalah penelitian ini apakah Penerapan Metode Jarimatika dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Plajaran Matmatika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Salo Desa Salo Timur Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek adalah guru dan siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 008 Salo Desa Salo Timur Kecamatan Salo Kabupaten Kampar sedangkan objeknya adalah penerapanMetode Jarimatika pada mata pelajaran matematika. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata 64,80, dengan persentase ketuntasan secara klasikal 64% berada pada interval kurang dari 65% dengan kategori kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapanMetode Jarimatika pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 73,04dengan persentase ketuntasan secara klasikal 72% berada pada interval 71-84% dengan kategori baik. Dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan lagi dengan rata-rata 76,48dengan persentase ketuntasan secara klasikal 88% berada pada interval 85-100% dengan kategori amat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaPenerapanMetode Jarimatika dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVSekolah Dasar Negeri008 Salo Desa Salo Timur Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 02 Feb 2016 05:06 |
Last Modified: | 02 Feb 2016 05:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2336 |
Actions (login required)
View Item |