ADE LINA, 11318202615 (2017) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diantaranya adalah masih ada siswa yang tidak merespon pertanyaan dari guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru wali kelas yang berjumlah 6 orang serta siswa kelas V yang berjumlah 168 orang. Peneliti mengambil sampel sebanyak 42 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Stratifed Random Sampling, yaitu dengan pengambilan anggota sampel dari populasi secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi kontingensi. Rumus: = Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Hasil tersebut terbukti dari nilai phi (ɸ) yaitu 0,782 lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% atau dapat ditulis 0,304<0,782>0,393. Ini berarti Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nihil) ditolak. Dengan demikian semakin baik guru dalam bertanya maka semakin baik motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Keterampilan Bertanya Guru, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 08:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 08:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21233 |
Actions (login required)
View Item |