RENY NOVIYANTI, 11311200466 (2017) PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 KECAMATAN MANDAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (553kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa keteladanan yang dimiliki oleh guru telah bagus baik dari ucapan maupun perbuatannya sehingga siswa memiliki respon positif yang dapat meningkatkan minat belajarnya. Akan tetapi, seorang guru yang mempunyai keteladanan atau kepribadian yang baik belum tentu siswanya memiliki minat belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keteladanan guru, minat belajar siswa serta ada atau tidak nya pengaruh keteladanan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini pengaruh keteladanan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau. Populasi pada penelitian ini, seluruh siswa yang berjumlah 481 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik proportional random sampling dan diambil secara acak di setiap kelasnya . Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis pengaruh keteladanan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Dalam Pengelolaan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program Society Science) Versi 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan Keteladanan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau. Hal ini berdasarkan perhitungan product moment sebesar 0,419 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,232) maupun pada taraf signifikan 1% (0,302). Dengan cara lain dapat dituliskan dengan 0,232 < 0,419 > 0,302. Dengan demikian Ha (Hipotesa alternatif) di terima dan H0 (Hipotesa nihil) di tolak. Dapat disimpulkan bahwa ada kolerasi positif yang signifikan Keteladanan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 08:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 08:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21225 |
Actions (login required)
View Item |