MARDIATI DIANTAMA, 11311202759 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH FATAHA KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan kecepatan siswa dalam menguasai materi saat proses pembelajaran sehingga terjadi perbedaan kecepatan belajar antara siswa yang pandai dengan yang kurang pandai. Dalam pembelajaran berbasis kompetensi, siswa dituntut untuk belajar tuntas atau dengan kata lain diharuskan memperoleh hasil belajar yang berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam seluruh kompetensi dasar secara perorangan yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu, untuk membantu siswa yang belum mencapai hasil belajar yang diharapkan, guru harus mengimplementasikan program pembelajaran remedial dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi program pembelajaran remedial dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program pembelajaran remedial pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Fataha Kecamatan Tualang Kabupaten Siak . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi program pembelajaran remedial beserta faktor-faktor yang mempengaruhi pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Fataha Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Fikih. Sedangkan objek penelitian adalah implementasi program pembelajaran remedial pada mata pelajaran Fikih. Populasi penelitian adalah seluruh guru mata pelajaran Fikih yang berjumlah 3 orang sedangkan sampel penelitian adalah guru mata pelajaran Fikih kelas VII dan VIII yang berjumlah 2 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Rumus yang digunakan adalah P = F/N x 100%. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa implementasi program pembelajaran remedial pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Fataha Kecamatan Tualang Kabupaten Siak dikategorikan cukup baik dengan hasil persentase 58.75%. Faktor yang mempengaruhi implementasi program pembelajaran remedial yakni : minimnya waktu yang tersedia dalam pelaksanaan pembelajaran remedial dengan persentase 26.6%, guru terbebani dengan diadakannya program pembelajaran remedial dengan persentase 20%, kurang serasi metode mengajar guru dengan keberagaman siswa saat pembelajaran remedial dengan persentase 16.7%, siswa kurang mampu mengorganisasikan waktu pembelajaran remedial saat diberikan tes ulang dengan persentase 16.7%, siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran remedial dengan persentase 16.75%, siswa melalaikan tugas yang diberikan guru untuk perbaikan nilai dengan persentase 3.3%. Kata Kunci: implementasi, pembelajaran remedial, Fikih
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 07:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 07:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21221 |
Actions (login required)
View Item |