Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG

FAHRUL ROZI, 11311101086 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional guru adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki guru dalam pembelajaran, terutama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan pada penelitian ini kompetensi profesional guru telah tergolong baik, namun motivasi belajar siswa masih belum maksimal, terindikasi dengan masih ada siswa yang meniru jawaban temannya dalam mengerjakan tugas, masih ada siswa yang tidak mau mencatat disaat guru memberikan catatan, masih ada siswa yang tidak bersemangat dalam pembelajaran. Berdasarkan kondisi diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru, motivasi belajar siswa serta ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional guru dan motivasi belajar siswa. Populasi pada penelitian yakni seluruh siswa kelas X dan kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang yang berjumlah 400 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling pertimbangan (Purposive Sampling), peneliti mengambil sampel sebesar 20% dengan jumlah siswa/i sebanyak 80 orang. Pengumpulan data tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi koefisien kontingensi. C= Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan mengenai pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang, maka didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan angka koefisien kontingensi sebesar 0,389 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,232) maupun pada taraf signifikan 1% (0,302). Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,232 < 0,389 > 0,302. Dengan demikian berarti Ha (hipotesa alternatif) diterima dan H0(hipotesa nihil) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Artinya semakin baik kompetensi profesional guru maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:46
Last Modified: 01 Oct 2019 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20979

Actions (login required)

View Item View Item