RAHMA YUNI, 11311201321 (2017) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 02 KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru memberi penguatan, keaktifan belajar siswa serta ada atau tidaknya pengaruh keterampilan guru memberi penguatan terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh keterampilan guru memberi penguatan terhadap keaktifan belajar siswa. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 400 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling yakni pengambilan sampel berdasarkan anggota unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional yakni sebesar 10%. Pengumpulan data tentang keterampilan guru memberi penguatan dengan keaktifan belajar siswa dilakukan dengan menggunakan angket. Untuk menganalisis pengaruh keterampilan guru memberi penguatan terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan maka didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh yang signifikan keterampilan guru memberi penguatan terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir” dimana rhitung lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% dan lebih rendah dari taraf signifikan 1% yaitu 0,304 < 0.368 < 0,393. Hal ini mengandung arti semakin baik keterampilan guru memberi penguatan maka semakin tinggi keaktifan belajar siswa, sebaliknya semakin tidak baik keterampilan guru memberi penguatan maka semakin rendah pula keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Adapun besar pengaruh keterampilan guru memberi penguatan terhadap keaktifan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir adalah sebesar 13,5% sedangkan sisanya sebesar 86,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 07:43 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 07:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20978 |
Actions (login required)
View Item |