Badra Khairiah, - (2019) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS RIAU TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1 COVER.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
3 ABSTRAK.pdf - Published Version Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
05 daftar isi.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB 1.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
07 BAB 2.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
08 BAB 3.pdf Download (471kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
09 BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
|
Text
10 BAB 5.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) | Preview |
Abstract
Perpustakaan Universitas Riau telah menggunakan Online Public Access Catalog (OPAC) dalam pelayanan pencarian buku yang digunakan sejak tahun 2012. Tujuan dari diterapkannya sistem informasi pencarian buku ini adalah untuk membantu pengunjung perpustakaan Universitas Riau dalam menentukan bahan bacaan yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga pengunjung perpustakaan. Sejak diimplementasikan OPAC tidak ada pelatihan maupun sosialisasi yang dilakukan pihak universitas kepada pustakawan maupun pemustaka dan tidak adanya buku petunjuk penggunaan sistem yang diberikan kepada pemustaka sehingga ada fitur yang tidak diketahui fungsinya oleh pemustaka. Pustakawan sering terjadinya kesalahan input buku sehingga status buku yang dipinjam tidak ter-update menjadi tersedia yang mengakibatkan ketidakakuratan informasi yang dihasilkan. Informasi yang dihasilkan oleh sistem kurang akurat dan tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Libqual untuk mengukur kualitas layanan dan kepuasan pemustaka. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan penyebaran angket. Hasil dapat diperoleh bahwa kualitas layanan perpustakaan dinilai sudah memenuhi kualitas yang baik berada pada batas toleransi, namun masih kurang memuaskan bagi anggota perpustakaan, hal ini dapat dilihat berdasarkan skor Adequacy Gap (AG) bernilai negatif dan Superiority Gap (SG) bernilai positif bernilai negatif pada setiap dimensi Libqual yaitu affect of service AG = -0,16, SG = -0,94. informationcontrol AG = -0,18, SG = -0,96 dan library as place AG = 0,01, SG = -0,07. Kata Kunci: kualitas layanan, Libqual, OPAC, Perpustakaan Universitas Riau,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 04:38 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 04:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20965 |
Actions (login required)
View Item |