Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS RIAU TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL

Badra Khairiah, - (2019) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS RIAU TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 daftar isi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB 1.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB 2.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 BAB 3.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
09 BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
10 BAB 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan Universitas Riau telah menggunakan Online Public Access Catalog (OPAC) dalam pelayanan pencarian buku yang digunakan sejak tahun 2012. Tujuan dari diterapkannya sistem informasi pencarian buku ini adalah untuk membantu pengunjung perpustakaan Universitas Riau dalam menentukan bahan bacaan yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga pengunjung perpustakaan. Sejak diimplementasikan OPAC tidak ada pelatihan maupun sosialisasi yang dilakukan pihak universitas kepada pustakawan maupun pemustaka dan tidak adanya buku petunjuk penggunaan sistem yang diberikan kepada pemustaka sehingga ada fitur yang tidak diketahui fungsinya oleh pemustaka. Pustakawan sering terjadinya kesalahan input buku sehingga status buku yang dipinjam tidak ter-update menjadi tersedia yang mengakibatkan ketidakakuratan informasi yang dihasilkan. Informasi yang dihasilkan oleh sistem kurang akurat dan tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Libqual untuk mengukur kualitas layanan dan kepuasan pemustaka. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan penyebaran angket. Hasil dapat diperoleh bahwa kualitas layanan perpustakaan dinilai sudah memenuhi kualitas yang baik berada pada batas toleransi, namun masih kurang memuaskan bagi anggota perpustakaan, hal ini dapat dilihat berdasarkan skor Adequacy Gap (AG) bernilai negatif dan Superiority Gap (SG) bernilai positif bernilai negatif pada setiap dimensi Libqual yaitu affect of service AG = -0,16, SG = -0,94. informationcontrol AG = -0,18, SG = -0,96 dan library as place AG = 0,01, SG = -0,07. Kata Kunci: kualitas layanan, Libqual, OPAC, Perpustakaan Universitas Riau,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:38
Last Modified: 01 Oct 2019 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20965

Actions (login required)

View Item View Item