Lina Mayasari S (2018) EFEKTIVITAS PEMBINAAN LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA MAN DI PROVINSI SUMATERA UTARA. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201820DPAI_COVER.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201820DPAI_PENGESAHAN LIA MAYASARI SIREGAR.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201820DPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201820DPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201820DPAI_ABSTRAK.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201820DPAI_BAB I.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201820DPAI_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 201820DPAI_BAB III.pdf Download (497kB) | Preview |
|
Text
9. 201820DPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. 201820DPAI_BAB V.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201820DPAI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian awal diperoleh data bahwa kenakalan masih marak dilakukan dari kalangan peserta didik/pelajar. Banyaknya peserta didik yang melakukan kenakalan diduga karena belum efektivnya pembinaan yang dilakukan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang merupakan tempat terjadinya proses pendidikan dan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana mengatasi kenakalan peserta didik melalui faktor lingkungan yang mempengaruhi kenakalan siswa, yaitu melalui pembinaan yang dilakukan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mengatasi kenakalan siswa. Sehingga nantinya dapat menemukan desain model pembinaan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mengatasi kenakalan siswa khususnya di tingkat Madrasah Aliyah. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, maka rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mengatasi kenakalan siswa MAN di Provinsi Sumatera Utara? 2) Bagaimana efektivitas pembinaan lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat dalam mengatasi kenakalan siswa MAN di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode campuran/gabungan dengan sampel sebanyak 320 peserta didik MAN di Provinsi Sumatera Utara. Alat pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara, yang hasilnya kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statisti regresi linier dan regresi berganda. Melalui penelitian ini ditemukan bagaimana pembinaan yang dilakukan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mengatasi kenakalan peserta didik MAN di Provinsi Sumatera Utara, serta bagaimana keefektivan pembinaan yang dilakukan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mengatasi kenakalan peserta didik MAN di Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan temuan tersebut diperoleh desain yaitu harus 1) lingkungan keluarga yang harus berorientasi pada pelayanan terhadap anak, uswatun hasanah/ teladan yang baik, memberikan kepercayaan kepada anak, adil dan seimbang, sinergistik, memperbaharui diri, tegas dan jelas dalam penyampaian larangan-larangan, 2) Lingkungan Sekolah yang Terintegrasi yaitu; bersatu menjadikan diri sebagai figur, integrasi materi ajar pada setiap mata pelajaran, menintegrasikan nilai-nilai agama pada setiap sendi kegiatan yang ada di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, integritas guru, 3) Lingkungan Masyarakat yang menjunjung tinggi norma-noma budaya, budaya kekeluargaan, budaya gotong royong, organisasi kepemudaan. Kata kunci: Efektivitas, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Masyarakat, Kenakalan Siswa.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 02:40 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 02:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20800 |
Actions (login required)
View Item |