Zahriyah (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS KREATIVITAS UNTUK PENGAYAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA IT SE KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201802DPAI_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. 201802DPAI_PENGESAHAN ZAHRIAYA.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201802DPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201802DPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201802DPAI_ABSTRAK.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201802DPAI_BAB I.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201802DPAI_BAB II.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201802DPAI_BAB III.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
9. 201802DPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. 201802DPAI_BAB V.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201802DPAI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (452kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan yang dilakukan melalui mendidik dan membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, sikap, nilai, moral dan keterampilan bertujuan untuk memahami lingkungan sosial masyarakat. Hal ini dapat menjadikan pembelajaran sosial khusunya sosiologi menjadi lebih menarik, penuh tantangan dan semangat dalam mempelajarinya.Melalui model pembelajaran terpadu dapat menanggulangi siswa yang pasif menjadi kreatif, mampu berpikir kritis dan menghadapi tantangan global serta memiliki karakter yang islami karena adanya perpaduan ilmu sosiologi dan agama Islam. Fokus masalah dalam penelitian adalah sebagai berikut : 1). Bagaimana konsep model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas untuk pengayaan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sosiologi di SMA IT se kota Pekanbaru 2). Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas untuk kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sosiologi di SMA IT se kota Pekanbaru 3). Bagaimana pengembangan model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas untuk pengayaan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sosiologi di SMA IT se kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Metode ini dilakukan melalui studi kasus kualitatif dan kuantitatif. Temuan kesimpulan yang diperoleh yaitu konsep model pembelajaran terpadu telah diterapkan dalam pembelajaran sosiologi di SMA IT se kota Pekanbaru akan tetapi penerapan tersebut belum maksimal dan masih ada kendala sehingga belum sesuai dengan yang diharapkan, Pelaksanaan model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas untuk pengayaan kemampuan berpikir kritis di SMA IT se kota Pekanbaru memperoleh tingkat rating scale yang menunjukkan baik, ini berarti bahwa pelaksanaan model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas sudah baik. Pengembangan model pembelajaran terpadu menghasilkan model baru bernama KERIS (Kreatif dan Kritis) yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pengayaan kemampuan berpikir kritis setelah disempurnakan melalui Forum Group Diskusi (FGD) dengan tim ahli model pembelajaran, guru sosiologi dan peserta lainnya. Penerapan pengembangan model membuat siswa SMA IT se kota Pekanbaru mampu menerapkan kretivitas dan memiliki pengayaan kemampuan berpikir kritis. Hal ini berarti siswa mampu menjadi individu yang memiliki kreativitas dan pengayaan kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 03:18 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 07:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20722 |
Actions (login required)
View Item |