Azroiy (2018) Uslub At-Taukid Inna Wa Anna Wa Dilalatuhuma Fi Juz AsSalasiin Min Alquran Al-Karim (Dirasah Tahliliah ‘An‘ Ilmi Al-Ma'ani Wa Tathbiquhu Fi Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiah). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018223TPBA_Cover.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018223TPBA_PENGESAHAN.pdf Download (952kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018223TPBA_KATA PENGANTAR.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018223TPBA_DAFTAR ISI.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018223TPBA_Abstrak.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018223TPBA_BAB I.pdf Download (650kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018223TPBA_BAB II.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018223TPBA_BAB III.pdf Download (578kB) | Preview |
|
Text
9. 2018223TPBA_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. 2018223TPBA_BAB V.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018223TPBA_REFERENSI.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
Taukid dalam terminilogi bahasa arab merupakan penguatan dan penekanan substansi atau isi kandungan dari sebuah ungkapan, dan digunakan dengan mempertimbangkan keadaan lawan bicara, baik yang memang ingin mengetahui informasi, atau dalam keadaan ragu maupun yang menolak. Taukid memiliki banyak pola, dan yang menjadi obyek penelitian ini adalah taukid dengan pola Inna dan Anna, dan peneliti dalam penelitian ini menfokuskan penelitiannya pada juz tiga puluh dari Alquran Al-karim, yang mencakup 564 ayat dari 37 surah, dan penelitian ini adalah penelitian analisis, yang arah pembahasannya adalah sastra bahasa dan merupakan cabang dari ilmu balaghah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ayat-ayat alquran yang menggunankan taukid Inna dan Anna, dan apakah maksud dari taukid yang ada pada ayat tersebut, serta bagaimana metode dalam praktek pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk deskriptif, yang penelitiannya merupakan penelitian pustaka (library research), dan sumber data penelitian ini ada dua, primer yaitu data yang diperoleh dari Alquran, dan sekunder yaitu data yang diperoleh dari kitab-kitab tambahan yang memiliki korelasi terhadap data dari penelitian ini, seperti kitab jauhirul balaghah, Nahwu Al-‘Arabi, Durus Al-balaghah, dan selainnya. Dan langkah-langkah analisis datanya adalah dengan mengumpulkan seluruh data yang dijumpai, kemudian mengelompokkannya, dan menuangkannya dalam bentuk laporan penelitian, dan membuat kesimpulan dari penelitian. Taukid pada juz tiga puluh didalam Al-quran terdapat pada 239 tempat, yaitu dengan pola inna wa anna, in wa an, ziyadah, tikrar, qasam, ‘ataf, shifat, maf’ul muthlaq, amma syarthiyah, bil-huruf, innama, dan haal. Taukid dengan pola inna wa anna, terdapat pada 62 tempat dan merupakan pola taukid yang paling banyak penggunaannya pada juz tiga puluh, dan tujuan penggunaan taukid inna wa anna pada juz tiga puluh ini adalah memperkuat dan menekankan tentang ayat-ayat yang cenderung ragu dan diingkari oleh orang yang mendengarnya. Sedangkan metode dalam pembelajaran taukid dengan pola inna wa anna ini, merujuk kepada hakikat dari inna wa anna yang merupakan cabang dari ilmu nahu, dan metode dalam pembelajaran ilmu nahu ada tiga, yaitu metode qiasiyah, isthinbathiah, dan mu’adalah, dan ketiga metode ini bisa digunakan dalam pembelajaran taukid inna wa anna, dengan mempertimbangkan kondisi, keadaan, dan jenjang peserta didik.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 02:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 02:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20682 |
Actions (login required)
View Item |