Wina Yunita (2018) Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum di SMA Negeri 1 Tuah Gemilang Kecamatan Batang Tuaka. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018222TMPI_COVER JUDUL.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018222TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018222TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018222TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018222TMPI_ABSTRAK.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018222TMPI_BAB I.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018222TMPI_BAB II.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018222TMPI_BAB III.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
9. 2018222TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
||
|
Text
10. 2018222TMPI_BAB V.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018222TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang Masalah, Kurikulum merupakan ruh dalam sebuah pendidikan.Untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan maka yang pertama harus dilakukan adalah mengembangkan dan melengkapi kurikulum disesuaikan dengan potensi daerah serta tuntutan perkembangan zaman. Pendidikan akan mampu melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas dan terampil ketika kurikulum dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dasar peserta didik. Salah satu sekolah yang terbilang baru di Kabupaten Inderagiri Hilir yaitu SMA Negeri 1 Tuah Gemilang Kecamatan Batang Tuaka. Peran kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan dalam melakukan pengembangan kurikulum, melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum berdasarkan pola pikir manajemen, pelaksanaan atau implementasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Masalah yang akan diteliti dalam pembahasan tesis ini adalah : Bagaimana peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum di SMAN 1 Tuah Gemilang?. Apa Faktor pendukung dalam pengembangan kurikulum di SMAN 1 Tuah Gemilang?. Apa faktor penghambat dalam pengembangan kurikulum di SMAN 1 Tuah Gemilang? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan juga perwakilan masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, peneliti menggunakan analisis data, adapun prosesnya terdiri atas: reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Setelah itu dilakukan triangulasi untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum di SMAN 1 Tuah Gemilang kecamatan Batang Tuaka sebagai berikut: Pengembangan kurikulum dilakukan dengan membentuk Tim Pengembang Kurikulum. Model pengembangan kurikulum dalam penelitian adalah Top Down atau Model Administratif, yaitu melalui arahan dan bimbingan kepala sekolah, yang dituangkan dalam RPP mata pelajaran yang akan di implementasikan guru kepada siswa melalui kegiatan belajar mengajar di kelas. Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Pengembangan Kurikulum,
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 02:11 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 02:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20681 |
Actions (login required)
View Item |