Hery Kiswanto (2018) Metode Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Adab Al-Mufrad Karya Imam Bukhari (Tahun 194-256 H). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018204TMPI_COVER.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018204TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018204TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018204TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018204TMPI_ABSTRAK.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018204TMPI_BAB I.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018204TMPI_BAB II.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018204TMPI_BAB III.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
9. 2018204TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
||
|
Text
10. 2018204TMPI_BAB V.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018204TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan akhlak menjadi pilar penting dalam pembentukan masyarakat Islam. Hal ini diperlihatkan Rasulullah ρ dengan keberhasilannya mendidik para sahabat yang kala itu menjadi bagian dari masyarakat jahiliyah menjadi masyarakat terbaik dan paling mulia sepanjang masa. Proses yang dilakukan Rasulullah ρ tidak terlepas dari metode yang digunakannya dalam membina dan mendidik akhlak dan karakter para sahabat. Penelitian ini berupaya untuk meneliti metode pendidikan yang digunakan Rasulullah ρ dalam mendidik akhlak para sahabat yang ada dalam kitab Adab al-Mufrad. Kitab ini ditulis secara eksklusif oleh Imam Bukhari untuk mengkaji secara khusus tentang hadits-hadits yang berkaitan dengan akhlak dan karakter. Dalam pendidikan, metode menjadi salah satu unsur terpenting yang harus diperhatikan oleh para praktisi pendidikan. Pemilihan metode pendidikan yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan proses pendidikan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis metode pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Adab al-Mufrad karya Imam Bukhari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka (Library research) yang bersumber dari kepustakaan. Dalam pelaksanaannya, peneliti mengumpulkan data yang bercorak kualitatif yang dideskripsikan untuk kemudian dianalisis dalam bentuk penelitian eksploratif, yaitu penyelidikan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keterangan, wawasan, pengetahuan, ide, gagasan dan pemahaman sebagai upaya untuk merumuskan dan mendefinisikan masalah. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data deskriptif analisis sering hanya dianalisis menurut isinya karena itu analisis semacam ini disebut juga analisis isi (content analisys). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hadits yang terdapat di dalam kitab Adab al-Mufrad dengan jumlah keseluruhan 1332 hadits, maka metode pendidikan akhlak yang dikemukakan oleh Imam Bukhari pernah digunakan oleh Rasulullah ρ untuk mendidik akhlak para sahabat. Adapun uraiannya adalah pada metode keteladanan berjumlah 210 hadits, metode ‘ibrâh wa mauizhah berjumlah 206 hadits, metode latihan pengamalan berjumlah 187 hadits, metode targhîb berjumlah 121 hadits, metode tarhîb berjumlah 110 hadits, metode dialog ditemukan berjumlah 113 hadits, sedangkan metode kisah berjumlah 24 hadits.. Dari penelitian ini juga ditemukan dua hadits tentang keutamaan pendidik dalam kitab Adab al-Mufrad karya Imam Bukhari. Kata Kunci: Metode, Pendidikan Akhlak, Kitab Adab al-Mufrad
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 07:35 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 07:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20487 |
Actions (login required)
View Item |