Wandra Arasdi (2018) Penelitian Studi Komparasi Pemikiran Imam AlGhazali dan Barbara Prashnig Tentang “Learning Style”. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018201THK_COVER.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018201THK_Pengesahan.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018201THK_KATA PENGANTAR.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018201THK_DAFTAR ISI.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018201THK_Abstrak.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018201THK_BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018201THK_BAB II.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018201THK_BAB III.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text
9. 2018201THK_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
||
|
Text
10. 2018201THK_BAB V.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018201THK_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (341kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Imam Al Ghazali dan Barbara Prashnig tentang Learning Style. Serta bagaimana penelitian ini dapat melihat persamaan dan perbedaan pemikiran ke dua tokoh tersebut yang samasama banyak menghasilkan pemikirannya tentang butuhnya learning style dalam pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data adalah menggunakan metode dokumentasi. Yaitu dengan mengumpulkan buku-buku karya Barbara Prashnig dan Imam Al-Ghazali serta buku-buku yang ditulis oleh tokoh lain, majalah, jurnal yang di dalamya terdapat uraian pemikiran Imam Al-Ghazali dan Barbara Prashnig tentang Learning Style. Studi dokumentasi menurut Suharsimi Arikunto adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya Karena jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan (Library Research) dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi maka analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis isi (content analysis). Analisis isi (content analysis) merupakan tekhnik untuk mempelajari dokumen. Hal ini sesuai yang dinyatakan Hilun bahwa penelitian ini menjelaskan teknik analisis data isi adalah sebuah tekhnik yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks. Tekhnik ini berusaha menguraikan secara objektf, sistematik dan kuantitatif. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa learning style menurut Imam Al Ghazali adalah meliputi: Ta’lim Insani (Belajar dengan menggunakan indra dan tafakkur), Ta’lim Rabbani (Wahyu dan Ilham), Lingkungan yang nyaman, keteladanan, dan demonstrasi. Sedangkan menurut Barbara Prashnig adalah Dimensi otak kanan/kiri, modalitas indrawi, kebutuhan fisik, lingkungan, pengelompokkan sosial dan sikap. Adapun persamaan pemikiran Imam Al Ghazali dan Barbara Prashnig tentang Learning Style adalah sama-sama berbicara tentang cara belajar anak dalam proses pembelajaran. Sedangkan perbedaannya adalah: modalitas indrawi, integensi, lingkungan, sikap/akhlak dan kebutuhan peserta didik hati, wahyu, ilham, keteledanan dan demonstrasi. Kata Kunci: Komparasi, Pemikiran Imam Al Ghazali, Pemikiran Barbara Prashnig, Learning Style.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 03:54 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 03:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20475 |
Actions (login required)
View Item |