LUSI MAIDA LESTARI, 11318205445 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE KARTU UCAPAN POP-UP KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (496kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Metode Kartu Ucapan Pop-Up Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya, kurangnya perhatian siswa dalam menyimak pelajaran, siswa kurang mau bertanya dan menjawab pertanyaan ketika proses pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaanMetode Kartu Ucapan Pop-Up dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan rumus persentase, yaitu: P 100% N F x Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa Metode Kartu Ucapan Pop-Up dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai 40,93%. Kemudian setelah menerapkan Metode Kartu Ucapan Pop-Up pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 63,23%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 82,10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kartu ucapan pop-up, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 06:49 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 06:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20018 |
Actions (login required)
View Item |