SRI RAHMA WAHYUNI (2017) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN KAMPAR KIRI HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20171055PAI.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20171055PAI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20171055PAI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20171055PAI.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20171055PAI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20171055PAI.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20171055PAI.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20171055PAI.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20171055PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20171055PAI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171055PAI.pdf Download (328kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh antara pemberian penguatan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kiri Hilir. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 bertempat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kiri Hilir. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang melaksanakan proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 120 siswa, karena banyaknya populasi maka penulis mengambil sampel 25% dari jumlah siswa dan jumlah persentase keseluruhan 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam data yang terkumpul di analisis secara statistik dengan menggunakan rumus Korelasi Koefisien Kontingensi. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kabupaten Kampar Kecamatan Kampar Kiri. Hal ini berdasarkan perhitungan koefisisen kontingensi sebesar 0,597 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,349) maupun pada taraf signifikan 1% (0,449). Dengan cara lain dapat dituliskan dengan (0,449<0,597>0,349). Dengan demikian Ha (Hipotesa alternatif) di terimadan H0 (Hipotesanihil) di tolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kabupaten Kampar Kecamatan Kampar Kiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 07 Sep 2019 04:38 |
Last Modified: | 07 Sep 2019 04:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19480 |
Actions (login required)
View Item |