ANGGIA SETIANING TYAS (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017920PK.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017920PK.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017920PK.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017920PK.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017920PK.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017920PK.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017920PK.pdf Download (802kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017920PK.pdf Download (669kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017920PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017920PK.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017920PK.pdf Download (445kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Untuk itu, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media adobe flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI MIA 2 (kontrol) berjumlah 24 siswa dan XI MIA 3 (eksperimen) berjumlah 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan uji t polled varians. Hasil analisis data awal dan akhir diperoleh nilai thitung = 2,28 dan ttabel = 1,678 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media adobe flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan pengaruh sebesar 9,94%. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Media Adobe Flash, Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 01:21 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 01:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19203 |
Actions (login required)
View Item |