Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

ERITHON SENO, 11215101465 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 2 Tapung, dengan rumusan masalah yaitu: “Apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar?”. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran scaffolding berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 2 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Classical Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP se-Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII, dengan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran scaffolding dan kelas VIII-2 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan bservasi, dokumentasi dan instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari uji test di dapat sebesar 3,58.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 02 Sep 2019 09:05
Last Modified: 03 Sep 2019 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18961

Actions (login required)

View Item View Item