SEPTIA NINGSIH (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017837PMT.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017837PMT.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017837PMT.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017837PMT.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017837PMT.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017837PMT.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017837PMT.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017837PMT.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017837PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017837PMT.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017837PMT.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dapat menuntun siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan. LKS berbasis model Quantum Teaching yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Subyek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi yang terdiri dari dosen dan guru serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 35 siswa untuk uji kelompok terbatas. Objek penelitian adalah LKS berbasis model Quantum Teaching. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh para ahli yang digunakan untuk mengetahui validitas LKS, angket uji praktikalitas oleh siswa untuk mengetahui praktikalitas LKS dan soal tes untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan LKS. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong kriteria sangat valid (84,76%) dan sangat praktis (86,52% untuk kelompok kecil dan 82,83% untuk kelompok terbatas). Selanjutnya tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan LKS termasuk kriteria tinggi (83,50%). Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis Quantum Teaching ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Quantum Teaching, Pemahaman Konsep Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 05:01 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 05:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18798 |
Actions (login required)
View Item |