ARI PUTRA UTAMA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENARATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 003 INUMAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017743PAI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017743PAI.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017743PAI.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2017743PAI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017743PAI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017743PAI.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017743PAI.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017743PAI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017743PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017743PAI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017743PAI.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Adapun yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian ini adalah bahwa hasil belajar di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 003 Inuman siswa masih rendah, dan masih banyak siswa yang belum mengetahui tentang materi pelajaran agama islam secara luas, Padahal sebagian siswa sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan dasar tentang Agama Islam di luar lingkungan sekolah tersebut, akan tetapi para peserta didik masih kurang memahami apa yang telah diketahuinya, maka penerapan model pembelajaran generatif belum terlaksana secara optimal, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan dan belum sesuai dengan apa yang di harapkan. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan judul penerapaan Model Pembelajaran Generatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 003 Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran generatif di SMP Negeri 003 Inuman. Untuk mengetahui faktor-faktor mempengaruhi penerapan model pembelajaran generatif di SMP Negeri 003 Inuman. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Petama Negeri 3 Inuman yang mana guru pendidikan agama islam berjumlah 2 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran generatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah, guru Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 003 Inuman yang berjumlah 2 orang. Tempat penelitian dilaksanakant di Sekolah Menengah Pertama Negeri 003 Inuman Kabupaten Kuantan Singingi Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif kualitatif dengan persentase. Adapun rumus yang digunakan dalam menganalisa hasil penelitian yang telah terkumpul dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase rumusnya sebagai berikut F P = ─ x 100% N Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan di lapangan di peroleh bahwa jawaban “Ya” 66 %, sedangkan jawaban “Tidak” 34%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran generatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 003 Inuman terletak pada rentang prosentase 66 % atau cukup optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:11 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18558 |
Actions (login required)
View Item |