SUHARNI, 11216200929 (2017) UPAYA GURU MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru mata pelajaran ekonomi dalam membentuk karakter peduli sosial siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Bangkinang Kota pada pokok bahasan kebutuhan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X SMAN 2 Bangkinang Kota, sedangkan objek penelitian ini adalah upaya guru mata pelajaran ekonomi dalam membentuk karakter peduli sosial siswa. Informan kuncinya dalam penelitian ini adalah guru, sedangkan informan tambahannya adalah siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu 1) reduksi data (data reduction); 2) paparan data (data display); 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/veriving). Berdasarkan hasil analisis diperoleh upaya guru mata pelajaran ekonomi dalam membentuk karakter peduli sosial siswa perindikator dari masing-masing indikator tergolong baik yaitu berupa: 1) Mengintegrasi nilai-nilai karakter ke dalam mata pelajaran, 2) Mengajarkan peduli sosial dengan memberikan isu-isu aktual dan contoh-contoh konkrit yang terjadi di kehidupan masyarakat, 3) menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi guna mendukung pembinaan peduli sosial, dan 4) Memberikan keteladanan secara langsung berupa sikap dan perilaku yang mencerminkan toleransi dan peduli sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru mata pelajaran ekonomi dalam membentuk karakter peduli sosial siswa secara umum tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 04:28 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 04:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18422 |
Actions (login required)
View Item |