PUTRI SEPTIANA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SIAK HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017701PMT.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017701PMT.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017701PMT.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017701PMT.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017701PMT.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017701PMT.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017701PMT.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017701PMT.pdf Download (656kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017701PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017701PMT.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017701PMT.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Macromedia Flash berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid dan praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu. Subjek penelitian ini adalah guru dan dosen sebagai validator, 7 siswa untuk uji kelompok kecil dan 35 siswa untuk uji kelompok terbatas dan objek penelitian adalah media pembelajaran Macromedia Flash berbasis pendekatan konstruktivisme. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, media pembelajaran Macromedia Flash berbasis pendekatan konstruktivisme dinyatakan kategori sangat valid (83,74%). Berdasarkan uji kepraktisan, media pembelajaran Macromedia Flash berbasis konstruktivisme sangat praktis (88,70% untuk kelompok kecil dan 90,68% untuk kelompok terbatas). Dari hasil tersebut diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan pemahaman konsep matematis, media pembelajaran Macromedia Flash berbasis pendekatan konstruktivisme sudah mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan persentase 86,02% dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Media Pembelajaran Macromedia Flash, Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 05:11 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 05:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18232 |
Actions (login required)
View Item |