HERLINA (2017) KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS XI JURUSAN AGAMA DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017691PAI.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017691PAI.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017691PAI.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017691PAI.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017691PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017691PAI.pdf Download (756kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017691PAI.pdf Download (927kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017691PAI.pdf Download (487kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017691PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017691PAI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017691PAI.pdf Download (382kB) | Preview |
Abstract
Menghafal adalah berusaha meresapkan ke dalam fikiran agar selalu ingat dan dapat mengucapkannya di luar kepala (tanpa melihat buku dan catatan). Menghafal Al-Qur’an memang termasuk aktivitas yang sangat sulit, namun sebenarnya hambatan terbesar dalam menghafal Al-Qur’an adalah karena sering menganggap hafalan itu sulit dan takut hafalan tersebut akan lupa. Berdasarkan pendahuluan yang penulis lakukan, penulis masih menemukan gejala-gejala, diantaranya: sebagian besar hafalan siswa masih terputus-putus, sebagian besar siswa belum tepat mengungkapkan makhorijul huruf, sebagian besar siswa belum mampu menerapkan ilmu tajwid, sebagian besar siswa salah dalam melafadzkan ayat yang serupa, sebagian besar siswa belum memahami tentang keutamaan orang yang hafal Al-Qur’an, hafalan siswa tidak bertahan lama. Berangkat dari persoalan tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan rumusan: Bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas XI jurusan agama di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru dan Apa faktorfaktor yang mempengaruhi kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas XI jurusan agama di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Sejalan dengan rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas XI jurusan agama di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas XI jurusan agama di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru, untuk memperoleh data di lapangan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus mean: fX N Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah di analisa, maka Mx = penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas XI jurusan agama di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru, termasuk dalam kategori “Cukup Mampu” hal ini dapat dilihat dari hasil meannya sebesar 51,4. Kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas XI jurusan agama di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, Faktor intern diantaranya kemauan siswa untuk mau menghafal Al-Qur’an, motivasi, kecerdasan siswa (IQ). Faktor ekstern diantaranya metode pembelajaran dan minimnya alokasi waktu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:27 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18186 |
Actions (login required)
View Item |