A’INUL FITRI (2017) PENERAPAN STRATEGI BATU LONCATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017682PGMI.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017682PGMI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017682PGMI.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017682PGMI.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017682PGMI.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017682PGMI.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017682PGMI.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017682PGMI.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017682PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017682PGMI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017682PGMI.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengtahuan Sosial melalui penerapan strategi batu loncatan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 60. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya. Sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan strategi batu loncatan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dirancang dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitan ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dua kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Test dan Dokumentasi. Sedangkan analisa datanya yaitu, analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi batu loncatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan yaitu nilai rata-ratanya adalah 52,38%, setelah diterapkan strategi batu loncatan pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 71,42%,dan pada siklus II nilai rata-atanya 85,71%. Kata Kunci : Strategi Batu Loncatan, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:06 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18151 |
Actions (login required)
View Item |