Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI BATU LONCATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

A’INUL FITRI (2017) PENERAPAN STRATEGI BATU LONCATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017682PGMI.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017682PGMI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017682PGMI.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017682PGMI.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017682PGMI.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017682PGMI.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017682PGMI.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017682PGMI.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017682PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017682PGMI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017682PGMI.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengtahuan Sosial melalui penerapan strategi batu loncatan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 60. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya. Sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan strategi batu loncatan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dirancang dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitan ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dua kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Test dan Dokumentasi. Sedangkan analisa datanya yaitu, analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi batu loncatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan yaitu nilai rata-ratanya adalah 52,38%, setelah diterapkan strategi batu loncatan pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 71,42%,dan pada siklus II nilai rata-atanya 85,71%. Kata Kunci : Strategi Batu Loncatan, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:06
Last Modified: 26 Aug 2019 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18151

Actions (login required)

View Item View Item