SITI AISYAH, 11217201272 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap aktivitas belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jumlah sampel terdiri dari dua kelas yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol yang dilakukan pada bulan April─Mei 2016. Pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan observasi kepada siswa selama empat kali pertemuan. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dilihat dari hasil analisis statistik deskriptif pada rata-rata persentase aktivitas kelas eksperimen sebesar 72,83% dikategorikan baik sedangkan pada kelas kontrol persentase yang didapatkan yaitu sebesar 57,19 % dikategorikan cukup baik, dan dapat dilihat hasil rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol selain itu dapat dilihat dari statistik inferensial menggunakan uji Mann-Whitney dengan hasil rata-rata nilai lembar observasi setiap pertemuan didapatkan Zhitung = 5,19 sedangkan Ztabel pada taraf signifikan 5% = 1,96, nilai Zhitung>Ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap aktivitas belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Think Talk Write (TTW), Aktivitas Belajar, Hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 08:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 08:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18041 |
Actions (login required)
View Item |