RANTI MUSTIKA SARI, 11315204653 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (541kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education yang valid dan praktis serta dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Desaign, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pasir Penyu. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas VIII 1 dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan tes kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil uji validitas LKS berbasis Realistic Mathematic Education pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP Negeri 2 Pasir Penyu dengan kategori valid dengan persentase 78,21%. Maka hal ini membuktikan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid oleh para validator karena telah memenuhi seluruh komponen dan telah mengalami revisi produk. Hasil uji praktikalitas oleh siswa dinyatakan sangat praktis dengan persentase 94,16%. LKS matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education telah berhasil memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa degan persentase tingkat penguasaan siswa 82,5%. Hasil tersebut menunjukan bahwa LKS matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education ini valid, sangat praktis, dan dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci:LKS, Realistic Mathematic Education, Kemampuan Representasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:48 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 04:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17739 |
Actions (login required)
View Item |